Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Tentang Mechanical System Component



Struktur cylinder head tergantung dari metode pembakaran dari engine yang akan digunakan. Fungsi cylinder head untuk menahan tekanan pembakaran, mengendalikan panas, tempat duduknya mechanisme valve intake/exhaust dan mekanisme injeksi bahan bakar.

Cylinder head harus memenuhi syarat sebagai berikut:
  • Dapat menahan tekanan pembakaran dan konsentrasi panas.
  • Dapat mencegah kebocoran tekanan pembakaran secara keseluruhan.
  • Dapat mengalirkan udara intake dan exhaust dengan lancar.
  • Dapat mencampur udara dengan bahan bakar secara sempurna.
  • Mempunyai efek pendinginan yang tinggi.
Terbuka dan tertutupnya valve pada engine itu bekerja secara teratur. Saat memasukkan udara ke dalam ruang bakar dan membuang gas bekas pembakaran. Valve sendiri terdiri dari valve stem, vavle spring beserta retainer, valve guide dan valve seat. Terbuka dan tertutupnya valve secara teratur untuk memasukkan udara ke dalam ruang bakar dan membuang gas bekas pembakaran keluar. Valve sendiri terdiri dari valve stem, vavle spring beserta retainer, valve guide dan valve seat.

Crosshead
Crosshead adalah komponen yang berfungsi untuk menjembatani dua buah valve agar dapat terbuka secara bersamaan oleh satu rocker arm pada engine yang memiliki 4 valve tiap cylinder. Sebab, meskipun tiap cylinder memiliki 4 valve, rocker arm yang digunakan untuk membuka keempat valve hanya 2 saja, satu untuk intake dan satu lagi untuk exhaust valve.

Rocker Arm
Rocker arm di engine terpasang pada rocker arm shaft dan dihubungkan dengan push rod yang menggerakan valve intake dan exhaust. Pergerakan vertikal dari push rod mengikuti gerak putar cam shaft dan ditransfer melalui rocker arm ke valve stem dengan arah yang berlawanan.

Rocker Arm Shaft (Push Rod) & Tappet (Cam Follower)
Push rod terbuat dari batang besi untuk mentransfer gerak vertikal dari tappet ke rocker arm. Push rod tidak bisa langsung duduk pada cam shaft.Dan untuk itu push rod memerlukan Tappet atau cam follower sehingga dapat menstransfer gerakan cam shaft menuju rocker arm.

Nozzle Holder Sleeve (Injector Sleeve)
Injector sleeve terletak pada cylinder head. Dibawah ini merupakan gambar dari injector sleeve.

Cylinder Head Gasket
Cylinder head gasket berfungsi sebagai penyekat gas pembakaran dan air pendingin serta oil pelumas yang bersikulasi antara cylinder head dan cylinder block.

Cam Shaft
Camshaft berfungsi untuk membuka dan menutup valve intake dan valve exhaust sesuai waktu pemasukan udara, kompresi udara, expansi dan langkah pembuangan.

Camshaft Bushing & Thrust Bearing
Camshaft dipasang terpasang pada engine dan didukung oleh bushing yang pressfit terhadap housingnya.Bushing berfungsi sebagai bantalan camshaft yang dipasang dengan tujuan mengurangi kerusakan cam jurnal akibat gesekan terhadap housing saatberputar.Karena bushing dibuat dengan bahan yang lunak dibandingkan dengan cam jurnal.Sedangkan thurst bearing dipasang diantara cam gear dan journal nomor satu untuk melicinkan gerakan shaft bila ada beban axial yang sering terjadi pada camshaft.

Cylinder Block
Cylinder block terbuat dari besi cor (cast iron) dan pembuatannya di lakukan dengan proses casting (pengecoran) dan merupakan rangka utama dari engine. Semua komponen engine diletakan pada cylinder block.

Front Cover Dan Front Seal
Pada bagian depan cylinder block terdapat komponen berupa gear yang ditutup lagi dengan front cover. Pada front cover terdapat sebuah penyekat yang sering disebut dengan front seal, yang menyekat celah antara front cover terhadap crank shaft, agar oli dalam engine tidak keluar melalui celah ini dan agar debu tidak masuk ke dalam engine.

Cylinder Liner
Cylinder liner merupakan komponen combustion chamber yang berhubungan dengan tekanan tinggi, dan beban gesek yang besar sebagai akibat gerak naik turun piston.

Cylinder Liner Seal Ring
Air pendingin untuk mendinginkan liner disekat oleh flange di bagian atas dan O-ring pada bagian bawah liner. Ring seal liner harus mampu menyekat dengan baik, tahan terhadap oil dan air serta tahan terhadap perubahan temperatur dan tekanan.

Main Bearing Cap
Main bearing cap merupakan komponen yang berfungsi untuk mengikat crankshaft pada cylinder block. Hal yang perlu diperhatikan dari komponen ini adalah mengenaipemasangannya agar tidak tertukar posisi dengan yang lain, karena secara bentuk memiliki persamaan.

Main Bearing
Sebagai bantalan crankshaft dan untuk mengurangi keausan akibat gesekan crankshaft terhadap cylinder block dan main bearing cap, pada persinggungan komponen ini dipasang bearing yang sering disebut dengan main bearing.

Thrust Bearing
Crankshaft dilengkapi juga dengan flywheel pada bagian belakang sebagai tempat penyaluran tenaga engine.Dengan demikian shaft selalu mengalami beban axial yang berasal dari sistem penyalur tenaganya (power train).

Piston merupakan suatu komponen yang berhubungan langsung dengan ruang pembakaran dan menerima beban berat yang disebabkan tekanan pembakaran dan piston bergerak berulang-ulang dengan kecepatan tinggi.

Piston Cooling Nozzle
Pada beberapa engine dilengkapi dengan piston cooling nozzle yang terpasang pada cylinder block dibawah piston yang berfungsi mendinginkan piston dari permukaan bawah menggunakan oli.

Pin Piston
Pin piston menghubungkan connecting rod dengan Piston dan dikunci menggunakan snap ring sekaligus juga menjadi engsel untuk pergerakan connecting rod terhadap piston. Piston pin harus mempunyai kekuatan bengkok yang besar dan tidak mudah aus.

Piston Ring
Piston ring berfungsi untuk menahan daritekanan gas kompresi yang di dalam cylinder, menjaga ketebalan oil film pada dinding cylinder dan mentransfer panas dari piston ke cylinder liner Piston Ring

Connecting Rod
Piston ring berfungsi untuk menahan tekanan gas kompresi di dalam cylinder, 
menjaga ketebalan oil film pada dinding cylinder dan mentransfer panas dari piston ke cylinder liner.

Connecting Rod Bushing
Ketika unit beroperasi bushing connecting rod ketika selalu menerima benturan keras, sehingga bushing mengalami faktor kelelahan yang lebih tinggi.Untuk memperkuat bushing dilakukan dengan memperbesar bidang permukaan dan membuat double untuk mengurangi terjadi keausan.Bushing dibuat dari phospor bronze, kombinasi dari timah dan bronze untuk menambah daya tahan dan tidak mudah aus.

Post a Comment for "Penjelasan Tentang Mechanical System Component"