Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration

Penjelasan Lubrication System Pada Engine



Tambnas Edukasi - Pelumasan pada engine berfungsi untuk melumasi komponen-komponen yang bergesakan dan mencegah berkaratnya bagian–bagian engine yang bergerak tranlasi maupun rotasi. Tujuannnya untuk mempertahan umur dan daya tahan komponen sesuai dengan umur ekonomisnya. Pada lubrication system didukung oleh beberapa komponen utama diantaranya adalah oil pump, oil filter, lubricating valve, oil cooler dan thermostat.

1. Oil Pump
Oil pump umumnya digunakan untuk sistem pelumasan engine, Untuk tipe dari Oil Pump itu sediri ialah tipe external gear pump atau trochoid pump.

Prinsip kerja dari Oil Pump:
Gear berputar dan oil disisi inlet mengisi kekosongan gigi-gigi dan rumahnya.
Oil yang berada diantara gigi dan rumahnya dipindahkan sesuai dengan gerakan gigi kesisi outlet.

Trochoid pump merupakan pompa roda gigi yang jumlah gigi terdiri dari rotor luar. Rotor luar berbentuk silinder dan berputar pada rumah pompa, sedangkan sumburotor dalam terletak eksentrik terhadap sumbu silinder tersebut, sehingga pemasukan minyak pelumas berlangsung tegak lurus terhadap eksentrisitas tersebut.

Saat posisi unit dioperasikan ditempat yang miring, oil mengalir dan berada di ujung oil pan. Sehingga oil bersikulasi tidak sempurna. Scavenging oil sirkuit mempunyai strainer yang terletak disisi berlawanandengan strainer utama. Sehingga oli yang berada diujung oil pan dihisap oleh scavenging pump dandialirkan ke sisi sebelahnya.

Oil pelumas engine secara perlahan akan menjadi kotor karena membawa partikel komponen yang bergesekan. Jika kotoran tersebut ikut bersirkulasi bersama oil untuk melumasi maka komponen yang lain akan menjadi cepat aus. Untuk menjaga hal tersebut, maka pada sistem diberi filter agar kotoran tersebut dapat disaring dan oil yang bersikulasi tetap bersih.

Ada 2 macam oil filter, yaitu : 

Cartridge type

  • Elemen kertas menjadi satu dengan rumahnya.
  • Cartridge type with safety valve.
The hanging type, elemen kertas terpisah dengan rumahnya.

Kecepatan kebuntuan filter, tergantung dari cara penanganan oilnya. Element filter harus diganti secara berkala sesuai dengan operation dan maintenance manual. By pass filter berfungsi untuk menyaring oil dari oil pan agar tetap bersih dan mencegah oil filter dari buntu atau membantu kerja oil filter. Struktur bypass filter sama dengan oil filter dan ukurannyalebih besar.

Lubricating valve berfungsi untuk : 
  • Mengatur tekanan oil di dalam sistem.
  • Membatasi tekanan oil di dalam sistem.
Kenaikan temperatur oil yang berlebihan menyebabkan kualitas dan kemampuan oil sebagai pelumas menurun. Untuk mengatasi panas yangberlebihan pada oli maka pada sistem dipasang oil cooler. Struktur oil cooler ada dua tipe :
  • Cylinder type
  • Layer type

Post a Comment for "Penjelasan Lubrication System Pada Engine "

Tambnas Shopee Collaboration
Tambnas Shopee Collaboration