Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Rinci Resiko Dan Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan Berinvestasi Saham

  • Keuntungan modal dari selisih harga yang kita dapatkan, yaitu ketika menjual saham dengan harga jual yang lebih tinggi dari harga beli.
  • Dividen Laba perusahaan yang dibagikan kepada setiap pemegang saham dapat berupa dividen tunai atau dividen saham, hal itu dipersembahkan sesuai dengan keputusan yang dihasilkan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).
  • Terhindar dari pengaruh inflasi maksudnya penurunan nilai uang karena peningkatannya dimulai dari harga barang produksi hingga konsumsi.
  • Teknologi yang semakin maju memudahkan dalam bertransaksi saham, karena saat ini tersedia fasilitas perdagangan online, sehingga dapat melakukan keadaan pasar serta melakukan pemesanan beli atau jual tanpa harus pergi atau menelepon ke kantor sekuritas.  
  • Jauhkan pemikiran bahwa perjuangan saham memerlukan modal yang besar.  Mulailah dengan Rp100.000, - sudah bisa menabung saham.
  • Aman dan dilindungi negara Investasi saham di Indonesia diawasi oleh Otorium Jasa Keuangan (OJK), lembaga negara yang mengatur sistem pengaturan dan pengawas terintegrasi terhadap seluruh kegiatan di sektor jasa keuangan nasional.
  • Saham adalah investasi produk yang aktif diperjualbelikan, yang memiliki arti bahwa dapat membeli dan menjual saham kapan pun selama waktu perdagangan saham di BEI masih buka.


Risiko Berinvestasi Saham

  • Kerugian modal rendah dari harga beli.  Capital loss adalah hal yang wajar bagi trader, yang perlu diingat sebagai trader adalah ketika mendapatkan keuntungan, pemegang saham harus mendapatkan sebanyak-banyaknya dan ketika loss, sebisa mungkin meminimalisir.  Menjadi investor juga tidak memberikan jaminan bahwa tidak akan mengalami kerugian modal, jika kita tidak belajar terlebih dahulu.
  • Likuidasi pemberesan dengan cara melakukan penjualan harta perusahaan, penagihan piutang, pelunasan Pembubaran perusahaan oleh likuidator, sekaligus utang, dan penyelesaian sisa harta atau utang pemilik.  Risiko ini dapat dihindari dengan mempelajari terlebih dahulu sebelum menginvestasikan dana pada suatu perusahaan.
  • Suspensi saham Penghentian sementara perdagangan terhadap suatu saham karena adanya pergerakan harga yang mencurigakan atau adanya pelanggaran emiten terhadap peraturan pihak BEI.  Risiko ini dapat dihindari dengan mencari informasi di situs web BEI, dan juga bisa bergabung dengan komunitas saham lebih cepat mendapat informasi.

Post a Comment for "Penjelasan Rinci Resiko Dan Keuntungan Investasi Saham "