Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghadapi Rival Bisnis Dengan Teknik Cerdas


Persaingan bisnis memang tak mudah untuk dihindari akan tetapi kita sebagai pebisnis maka harus menghadapi pesaing bisnis dengan cara yang sehat dan sesuai dengan peraturan yang telah ada. Kita tidak boleh gegabah dalam menghadapi persaingan, karena apabila terjadi kesalahan sendiri maka akan berdampak fatal dan dapat mengalami dampak negatif dari sebuah persaingan bisnis.

Adanya kompetitor dalam sebuah bisnis tentu hal yang normal dan wajar, karena hampir setiap bisnis pasti memiliki kompetitor dalam bidangnya masing-masing.

Yang perlu Anda lakukan dalam mengalahkan kompetitor tentu saja adalah berpikir dan melakukan strategi cerdik agar konsumen beralih menggunakan produk kita ketimbang kompetitor Anda.

Namun sekali lagi, trik dan strategi tersebut harus sehat dan tidak boleh terdapat kecurangan di dalamnya. Inilah trik jitu dalam mengalahkan para pesaing bisnis.

1. Raih Konsumen dengan Pemasaran yang ‘Out of The Box’

Anda bisa meraih konsumen dengan sistem pemasaran yang tentu saja harus lain daripada yang lain. Jangan pernah takut untuk mengeluarkan uang banyak untuk pemasaran dan promosi ini.

Memang dalam mempromosikan sebuah produk, terlebih produk baru, Anda membutuhkan biaya yang lebih banyak. Oleh karena itu janganlah merasa sayang dengan uang yang Anda miliki jika memang strategi pemasaran tersebut bagus dan tepat guna untuk meraih konsumen sebanyak-banyaknya.

2. Gali Ide Segar untuk Mendapatkan Konsumen

Anda bisa menelurkan ide segar untuk membuat produk Anda terlihat unik dan berbeda dibandingkan dengan produk para kompetitor.

Jika perlu, Anda juga bisa memberikan lebih dari apa yang diberikan oleh para pesaing usaha. Misalnya, Anda memberikan harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan kompetitor atau memberikan fasilitas yang lebih dengan harga yang sama.

Atau, Anda membuka salon khusus perawatan rambut dan tubuh. Lalu Anda menambahkan fasilitas berupa pemberian jus buah segar bagi konsumen yang datang ke salon Anda. Tentu penawaran fasilitas tambahan ini mampu menjadikan konsumen berpindah pada layanan bisnis Anda.

3. Produk yang Beragam

Pada dasarnya, orang akan lebih tertarik datang ke sebuah toko yang menawarkan produk beragam dan lengkap.

Tentu saja Anda dapat memanfaatkan hal ini dengan menyediakan kelengkapan produk beserta variasinya untuk mengundang para konsumen datang lebih banyak. Namun yang perlu diperhatikan, Anda harus mengeluarkan modal yang lebih banyak untuk menjajal cara ini.

4. Ketahui Rahasia Pesaing

Cara ini memang dianggap sedikit kontroversial, namun terbukti mampu menarik perhatian para konsumen dan membuat konsumen berpindah ke produk yang Anda tawarkan. Caranya, Anda bisa merekrut pegawai atau SDM dari pesaing dengan menggajinya lebih tinggi. 

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan keterangan dan juga kelemahan serta keunggulan pesaing yang tentunya bisa Anda gali menjadi sesuatu yang menunjang bisnis Anda. Namun tentu saja Anda perlu modal yang lebih besar lagi untuk menggaji karyawan dengan upah yang lebih tinggi. 

Post a Comment for "Cara Menghadapi Rival Bisnis Dengan Teknik Cerdas"