Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Hal ini, Cara Menjaga Kesehatan Otak Supaya Tidak Mudah Lupa


Tambnas Health - Setiap hari pasti diantara teman teman semua melakukan beberapa langkah kecil untuk menjaga tubuh tetap sehat, minum air agar tetap terhidrasi, makan makanan seimbang, berolahraga, menyikat gigi, cukup tidur dan lain sebagainya. Gerakan-gerakan sederhana ini jika dilakukan berkelanjutan akan membuahkan hasil besar, dijamin bikin kesehatan otak terjaga.

Cara kita dalam menggunakan otak sehari-hari, masalah, dan kebiasaan yang kita lakukan merupakan bentuk cara melatih otak. Gaya hidup dan pola makan sehari-hari dapat membantu menangkal penurunan kognitif, meningkatkan kreativitas, dan menjaga kondisi seperti depresi.

Baiklah untuk selengkapnya dapat dilihat sebagai berikut :

1. Multitasking akan menurunkan performa otak

Jika dalam  membaca juga sambil menonton acara TV dan menulis pesan kepada pasangan, sebaiknya  segera berhenti. Berlawanan dengan kepercayaan umum, orang-orang menjadi kurang efisien ketika mereka melakukan banyak tugas. Otak hanya dapat melakukan satu hal pada satu waktu.

Ketika melakukan banyak tugas, maka akan memaksa otak untuk bergerak maju dan mundur yang menyebabkan banyak tekanan pada otak. Kadar kortisol naik, dan terlalu banyak hormon itu beracun bagi fungsi saraf. Ditambah lagi, tidak pernah sepenuhnya menyelesaikan apa pun dan penyelesaian serta rasa pencapaian akan memberikan dopamin. Dopamin adalah neurotransmitter yang terkait dengan perasaan.

2. Anggur merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan otak

Studi populer telah menghubungkan anggur merah dengan jantung yang sehat. Sebuah penelitian di Jerman menunjukkan bahwa anggur merah dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Para peneliti menemukan bahwa orang yang meningkatkan asupan resveratrol dan antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah, blueberry, dan cokelat hitam dapat juga meningkatkan kemampuan mereka untuk membentuk ingatan baru.

Mereka yang mengonsumsi resveratrol 200 mg per hari alih-alih plasebo selama sekitar enam bulan, mampu menghafal lebih banyak kata selama 30 menit. Studi ini menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi resveratrol memiliki perubahan dalam hippocampus mereka. Area otak yang paling banyak terlibat dalam memori dapat membantu neuron bekerja bersama terkait dengan kinerja kognitif yang lebih baik.

3. Bermain games baik untuk kesehatan otak

Jenis permainan tentu dapat memberikan dorongan mental. Seorang gamer yang memainkan permainan yang melibatkan perencanaan dan menyesuaikan strategi dapat meningkatkan konsentrasi, keterampilan alih tugas dan beradaptasi dengan situasi baru bahkan juga dapat membantu meningkatkan mood. 

4. Jalan jalan menghilangkan stres

Pergi menghilangkan stres sangat dianjurkan untuk bebrapa orang yang bekerja sangat menguras otak ataupun rutinitas yang terus menerus. Berjalan-jalan setiap hari, pijat mingguan, dan bersantai dengan majalah juga dapat menjaga kesehatan otak tetap sehat. Menurut penelitian University of Iowa, stres jangka panjang dapat melonjak kadar hormon stres kortisol yang hilang di daerah memori jangka pendek otak Anda.

5. Kurang tidur berpengaruh pada kesehatan otak

Banyak penelitian menunjukkan hubungan antara belajar dan tidur. Selama tidur, otak akan memutar ulang kegiatan dari hari itu dengan membantu memasukkan peristiwa kegiatan sebelumnya ke dalam ingatan. Jadi untuk membentuk ingatan baru akan sulit jika dilakuakan tanpa tidur.

6. Latihan di gym untuk kesehatan otak

Seseorang dengan gangguan kognitif ringan yang berjalan atau mengangkat beban dapat meningkatkan ingatan mereka setelah enam bulan, tetapi mereka yang hanya melakukan peregangan memiliki ingatan yang lebih buruk.

Baik beban berjalan maupun beban angkat dapat meningkatkan memori spasial peserta, jenis memori yang membantu mengingat lingkungan seperti tata letak ruangan, atau tempat meletakkan kunci akan tetapi mereka yang latihan berjalan dapat memiliki keuntungan verbal yang lebih besar. Berbagai jenis latihan memiliki manfaat mental yang berbeda, jadi cobalah untuk melakukan latihan ketahanan dan berat badan dalam rutinitas sehari hari.

8. Belajar gitar untuk kesehatan otak

Belajar memainkan alat musik seperti gitar juga dapat mengubah gelombang otak dengan cara yang meningkatkan keterampilan mendengar dalam waktu singkat. Perubahan dalam aktivitas otak ini dapat membantu mempertahankan keterampilan mendengarkan dan menangkal penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

9. Tarian efektif meningkatkan kesehatan otak

Orang yang berpartisipasi dalam aktivitas fisik sangat memerlukan perhatian penuh memiliki fungsi kognitif yang lebih kuat daripada mereka yang tidak ikut dalam kegiatan ini. Para peneliti bahkan menemukan bahwa jam tari setiap minggu meningkatkan otak mereka yang sudah memiliki masalah memori.

10. Bersosialisasi

Kegiatan sosial seperti mengadakan acara makan malam bersama juga dapat membantu mencegah hilangnya ingatan pada orang berusia di atas 55 tahun. Manfaatnya tidak terbatas pada kekuatan otak yang lebih baik. Mereka yang berusia antara 55 dan 75 dengan ingatan yang baik juga cenderung memiliki detak jantung yang lebih rendah dan lebih sedikit gejala depresi.

Post a Comment for "Pahami Hal ini, Cara Menjaga Kesehatan Otak Supaya Tidak Mudah Lupa"